Skip navigation

Mihaly menyatakan ada 10 sikap paradok yang dimiliki oleh orang-orang Kreatif. Tolong analisis dan berikan komentar pribadi Anda terhadap 10 sikap paradok tersebut.

Berikut ini adalah 10 sikap paradok yang dinyatakan oleh Mihaly:

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.

6. Creative people are humble and proud at the same time.

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

8. Creative people are both rebellious and conservative.

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

From Creativity: The Work and Lives of 91 Eminent People, by Mihaly Csikszentmihalyi, published by HarperCollins, 1996.

Analisis dan komentar Anda (personal bukan kelompok) boleh dalam bahasa Indonesia atau English.

Salam…

agus Nggermanto

Dibawah ini adalah komentar tentang ke-sepuluh paradoks:

Pada paradoks no.1, 2, 3, 4, 5, 6, 8 Mihaly mungkin berpikir bahwa tidak ada batasan sifat pada seseorang yang kreatif. Hal ini terlihat dari penjelasannya dimana orang kreatif berada di dalam dua dunia sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga menciptakan sebuah dunia parallel yang mampu menyatukan kedua dunia tersebut. Contohnya pada penjelasan dimana seorang yang kreatif berada pada alam extrovert dan introvertnya. Ini menjadi jelas bila kita melihat seorang yang kreatif sebagai jembatan yang menghubungkan antara pemikiran pribadinya (introvert) dengan lingkungan sekitar (extrovert) sehingga terjadi sinkronisasi pemikiran yang saling berkaitan. Orang kreatif mampu melahirkan sebuah jembatan yang menghubungkan kepentingan pribadi dan kepentingan masyarakat.

Pada paradoks no.7, Mihaly menyatakan bahwa seorang yang kreatif mampu menjadi diri sendiri juga seorang yang lepas dari lingkungan stereotype. Ini menyatakan bahwa orang yang kreatif mampu menciptakan kepribadian yang mandiri dan tidak terlahir dari sebuah jiplakan dari lingkungan namun berawal dari sebuah originalitas. Orang kreatif juga tidak melihat dunia secara stereotype, mereka tidak melihat dunia selayaknya hitam dan putih saja namun juga memandang sisi abu-abu yang berada di antaranya. Ini menjelaskan bahwa seorang yang kreatif mampu menemukan sesuatu yang baru tanpa mengkategorikan penemuannya dengan benda lainnya.

Pada paradoks ke 9, Mihaly menyatakan bahwa seorang yang kreatif mampu menjadikan passion-nya menjadi sebuah tujuan, sehingga passion yang bersifat pribadi tersebut mampu menjadi sebuah bentuk yang objektif, bukan subyektif. Ia mampu menemukan jalan untuk menuju passion-nya, tanpa harus meninggalkan hubungan emosi dengan lingkungannya.

Yang terakhir adalah paradoks ke 10, dimana seorang yang kreatif digambarkan mampu menjalani kesedihan dan kegembiraan bersamaan. Ini menyatakan bahwa seorang yang kreatif mampu menciptakan suasana yang optimis di setiap keadaan. Kesulitan bisa menjadi sebuah kemudahan, dan kesedihan mungkin menjadi kegembiraan. Orang-orang yang bisa meng-convert hal itulah yang dapat dikategorikan sebagai orang yang kreatif

Manggala/19006062

SBM-ITB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: